Biography Jackie Chan

MizTia Respect - Biography Jackie Chan | Profil Jackie Chan


Biography Jackie Chan - MizTia Respect

JACKIE CHAN

Nama asli : Kong-sang Chan
Tanggal lahir : 07 April 1954
Lahir di : Victoria Peak, Hong Kong
Zodiac : Aries
Terkenal sejak membintangi film "Drunken Master" (1978)




Chan Kong-sang atau yang akrab disapa Jackie Chan lahir di Hong Kong, 7 April 1954, dari pasangan Charles Chan dan Lee-Lee Chan, yang sama-sama bekerja di Konsulat Perancis di Hongkong. Semasa kecil, Jackie mendapat julukan Paopao yang artinya peluru meriam. Julukan itu didapat karena saat masih bayi, Jackie memiliki berat sekitar 5,4 kg.

Tahun 1960, ayah Jackie, Charles, berimigrasi ke Canberra, Australia, untuk bekerja sebagai kepala koki di kedutaan besar Amerika Serikat. Sementara Jackie dikirim ke sekolah opera Peking, China Drama Academy. Oleh Master Yu Jim-Yuen, Jackie mendapat pelatihan bela diri dan akrobat. Rupanya Jackie menunjukkan kalau dirinya adalah murid yang berbakat. Tak lama kemudian Jackie bergabung dalam kelompok akrobat dan bela diri terkenal, Seven Little Fortunes. Dalam aksinya sebagai ahli bela diri cilik, Jackie memiliki nama panggung Yuen Lo dan bersahabat akrab dengan dua anggota Seven Little Fortunes yakni Sammo Hung dan Yuen Biao.

Berkat kelompok Seven Little Fortunes, Jackie berhasil memulai debut film pertamanya yang berjudul "Big and Little Wong Tin Bar" (1962). Beranjak remaja, Jackie sempat menjadi stuntman di film mendiang Bruce Lee, "Fist of Fury" (1972) dan "Enter the Dragon" (1973). Kala itu dia menyandang nama panggung, Chan Yuen Lung. Sayangnya, karir Jackie sebagai aktor muda kurang begitu bagus. Hal ini membuatnya terpaksa bersedia tampil t*lanj*ng di film komedi yang menampilkan adegan se*s, "All in the Family" (1975). Film tersebut merupakan film pertama sekaligus film terakhirnya sebagai aktor yang bersedia beradegan i*tim. Bahkan dalam film "All in the Family", Jackie sama sekali tak menunjukkan kebolehannya dalam hal bela diri.

Merasa perjalanan karirnya tersendat-sendat, Jackie memutuskan untuk menyusul keluarganya di Canberra. Dia kemudian meneruskan pendidikannya di Dickson College dan bekerja sebagai pegawai konstruksi. Pengalamannya sebagai pekerja bangunan akhirnya justru membawa Jackie mendapatkan nama panggungnya. Penemuan itu bermula saat dia bersahabat dengan sesama tukang bangunan bernama Jack. Persahabatan itu membuatnya mendapat julukan Little Jack alias Jackie. Nama itulah yang akhirnya dipakai Jackie sebagai nama panggung dan mengantarkannya menjadi aktor yang sukses. Hal ini terbukti saat Jackie mendapat tawaran untuk bermain film Hong Kong terkenal tak lama setelah dia mengganti nama, "Snake in the Eagle's Shadow" (1978). Kepiawaian Jackie berakting sekaligus unjuk keahlian kung fu di film tersebut menyita perhatian para penggemar film Hong Kong. Kesuksesannya itu membuat Jackie terpilih untuk membintangi film legendaris "Drunken Master" (1978).

Masa-masa keemasan sebagai aktor pun dialami Jackie. Setelah sukses sebagai aktor film Hong Kong, Jackie mulai merambah dunia film Hollywood. Di awal perjuangannya untuk menjadi aktor Hollywood, Jackie sempat mengalami kegagalan dan hanya mendapat peran-peran kecil. Dia pun memutuskan untuk fokus sebagai aktor film Hong Kong. Keputusan tersebut diambil karena Jackie merasa dirinya lebih dikenal di negaranya sendiri dibandingkan Amerika Serikat.

Di era akhir 90an, Jackie kembali optimis untuk mengembangkan kemampuannya di Hollywood. Dia pun tampil dalam film garapan Golden Harvest dan Columbia Pictures, "Who Am I?" (1998). Film tersebut semakin melejitkan namanya dan membuat Jackie mendapat kesempatan untuk tampil di film box office seperti "Shanghai Noon" (2000), seri film "Rush Hour" dan "Shanghai Knights". Akting dan keahlian kung fu Jackie juga dapat disaksikan di beberapa film terbarunya seperti "The Spy Next Door" dan "The Karate Kid".

Selain karirnya sebagai aktor, Jackie yang kini berusia 56 tahun tersebut juga sukses dalam membina rumah tangga bersama aktris Hong Kong yang dinikahinya pada 1 Desember 1982, Joan Lin. Dari pernikahan yang telah berjalan hampir 28 tahun itu, Jackie dan Joan dikaruniai seorang putra yakni Jaycee Chan. Sayangnya pernikahan tersebut sempat mengalami gonjang-ganjing ketika aktris sekaligus Miss Asia 1990, Elaine Ng Yi-Lei, melahirkan seorang putri bernama Etta Ng Chok Lam (lahir 19 November 1999). Menurut rumor, putri Elaine tersebut adalah anak hasil hubungan asmaranya dengan Jackie. Namun, hingga saat ini Jackie tak pernah mengakui Etta sebagai putrinya. Adapun Jackie sempat meminta maaf pada istri dan putra kandungnya terkait rumor tersebut.

sumber www.miztia-respect.blogspot.com : http://www.wowkeren.com/seleb/jackie_chan/bio.html



Biography Jackie Chan - MizTia RespectJACKIE CHAN

Laki-Laki
07 April 1954, Victoria Peak, Hong Kong

PERSONAL

Jackie Chan adalah seorang aktor, sutradara, stuntman, produser, aktor bela diri, aktor komedi, penulis naskah layar lebar dan penyanyi dari Hong Kong. Ia adalah salah satu tokoh yang terkenal dalam seni bela diri (kung fu) dari Cina dan aktor layar lebar dunia yang terkenal dengan aksi pertarungan akrobatiknya, ahli penggunaan berbagai macam alat yang ditemui di sekitarnya sebagai senjata dan aktor laga yang memiliki banyak inovasi. Ia telah mendalami seni peran sejak tahun 1970-an, dan sudah tampil tak kurang dalam 100 film serta pernah menerima penghargaan di Hong Kong Avenue of Stars dan di Hollywood Walk of Fame.
Dilahirkan pada tahun 1954 di Victoria Peak, Hong Kong, dengan nama Chan Kong Sang (yang artinya "dilahirkan di Hong Kong") anak dari Charles dan Lee-Lee Chan, pengungsi dari masa Perang Saudara Cina. Orang tuanya bekerja pada Kedutaan Perancis untuk Hong Kong, sehingga otomatis ia menghabiskan masa kecilnya di lingkungan kediaman kedutaan di daerah distrik Victoria Peak.
Tahun 1982, Jackie Chan menikahi Lin Feng-Jiao, seorang aktris Taiwan. Dalam tahun yang sama mereka mendapatkan seorang anak laki-laki, penyanyi dan aktor, Jaycee Chan. Dalam sebuah skandal di tahun 1999, ia mengakui memiliki seorang anak perempuan dengan pemenang Miss Asia Pageant 1990, Elaine Ng, meskipun begitu, paparazzi tetap sering menghubung-hubungkannya namanya dengan hampir semua artis Mandarin, mulai dari penyanyi wanita Taiwan Teresa Teng sampai aktris terkenal Anita Mui.

KARIR

Ketika orang tuanya beremigrasi ke Canberra, Australia, Chan disekolahkan di Chinese Drama Academy, sebuah Sekolah Opera Peking yang dimiliki dan dijalankan oleh Master Yu Jim Yuen. Di sanalah Chan pertama kalinya pelajaran berharga dan memiliki keahlian di bidang seni bela diri kung fu dan akrobatik.
Film pertama Chan yaitu BIG AND LITTLE WONG TIN BAR (1962), yang dimainkannya ketika masih berumur 8 tahun. Di umurnya yang menginjak 17 tahun, Chan bekerja sebagai pemeran pengganti dalam film-film Bruce Lee berjudul FIST OF FURY dan ENTER THE DRAGON dengan nama panggung Chen Yuen Long. Ia mendapatkan peran utamanya di tahun yang sama dalam sebuah film berjudul LITTLE TIGER OF CANTON, yang hanya diedarkan secara terbatas di Hong Kong pada tahun 1973.
Chan sempat menemui beberapa kali kegagalan dalam petualangan di industri perfilman dalam awal-awal kariernya, namun akhirnya namanya mulai terangkat ketika berhail membintangi film Kung Fu DRUNKEN MASTER di tahun 1978. Sejak saat itu Chan mulai laris membintangi berbagai film Kun Fu lainnya serta film komedi POLICE STORY yang menampilkan adegan stuntnya. Film ini mendapatkan gelar sebagai "Best Movie" dalam Hong Kong Film Awards di tahun 1986.
Setelah berhasil mencapai puncak ketenaran di Hong Kong, Chan mulai merambah karirnya ke industri perfilman Hollywood. Film Hollywood pertamanya adalah BATTLE CREEK BRAWL yang diedarkan pada tahun 1980. Namun beberapa filmnya tidak terlalu sukses. Baru dalam RUMBLE IN THE BRONX (1995), Chan mampu menembus pasar Amerika. Kesuksesan Rumble in the Bronx mendorong diedarkannya film lainnya di tahun 1996, POLICE STORY 3 di Amerika Serikat, dengan judul SUPERCOP, yang menghasilkan pendapatan kotor tidak kurang dari US $ 16,270,600. Chanberbagi peran utama bersama dengan Chris Tucker dalam film laga komedi terbitan tahun 1998, RUSH HOUR. Film-film larisnya pun menyusul seperti SHANGHAI NOON di tahun 2000, RUSH HOUR 2 di tahun 2001 dan SHANGHAI KNIGHTS pada tahun 2003.
Jackie Chan juga seorang penyanyi yang sukses, khususnya di Hong Kong dan Asia, dan mulai memiliki beberapa album lagu yang direkam secara profesional di tahun 1980-an. Ia juga seringkali menyanyikan sendiri lagu tema dari film-filmnya, serta memainkannya pada akhir film. Tahun 2004, Chan meluncurkan merk pakaiannya sendiri, dengan logo seekor naga dan kata-kata dalam Bahasa Inggris, "Jackie".

FILMOGRAFI:

1962: Big and Little Wong Tin Bar
1963: The Love Eterne
1964: The Story of Qin Xiang Lin, The Eighteen Darts (Part. 1)
1966: The Eighteen Darts (Part. 2), Come Drink With Me
1971: A Touch of Zen
1972: Fist of Fury, He qi dao, Enter the Dragon,
1973: Kung Fu Girl, Little Tiger of Canton
1974: The Golden Lotus, Supermen Against the Orient
1975: No End of Surprises, The Himalayan,
1976: New Fist of Fury, Dance of Death, Shaolin Wooden Men
1977: The 36 Crazy Fists, To Kill with Intrigue
1978: Snake In The Eagle’s Snow, Drunken Master
1979: Dragon Fist, Immortal Warriors, Master With Cracked Fingers
1980: The Big Brawl, Red Lips, The Cannonball Run
1982: Dragon Lord, Fantasy Mission Force
1983: Winners and Sinners
1984: Cannonball Run 2
1985: The Protector, My Lucky Star
1986: Naughty Boys
1987: That Enchanting Night, Dragons Forever
1988: Rouge, Miracles
1989: Island of Fire
1990: A Kid from Tibet
1991: Operation Ranger
1992: Twin Dragon, Center Stage
1993: Crime Story
1994: Drunken Master 2, Thunderbolt
1995: Rumble In The Bronx
1996: Mr.Nice Guy
1997: Who am I?
1998: Rush Hour
1999: Georgeous, Gen-X-Cops
2000: Shanghai Noon
2002: Tuxedo, The Medallion
2003: Shanghai Knights
2004: Around The World In 80 days
2006: Rob-B-Hood
2007: Rush Hour 3
2008: Kung Fu Panda
2009: Looking for Jackie
2010: Little Big Soldier, The Karate Kid, The Legend of Silk Boy Shaolin

PENGHARGAAN:

1995: Lifetime Achievement (MTV Movie Award)
1999: Best On-Screen Duo (MTV Movie Award)
Best Fight (MTV Movie Award)
2001: Grand Prix Special des Ameriques (Montreal Film Festival)
2002: Star on the Walk of Fame (Walk of Fame)



sumber www.miztia-respect.blogspot.com : http://selebriti.kapanlagi.com/chinese/j/jackie_chan/ , http://miztia-respect.blogspot.com/2013/02/biography-jackie-chan.html





Wiki : http://id.wikipedia.org/wiki/Jackie_Chan
Situs Web : http://jackiechan.com/.
" Copy-Paste? Baca Disclaimer! "
Bagikan Tulisan Ini:


Artikel Terkait:

18 Comment:

Herman Bagus said...

ciat ciat wkwkww

Rizal Uye said...

udah tua berarti jacky chan , lebih tua dari bpk ku,,

Achmad Bagus said...

wah.. maen filmnya byk bgt ya.. oy ane followers ke 100 gan

Hendra Hacc said...

Mancing mania.. eh, salah.. Jackie Chan MANTAP!! :D

zachflazz said...

saya paling suka yang drunken master tahun 1978 itu. eksotik filmnya

tujuh bunga said...

wahh semalem aku baru nonton Jackie Chan di film "Karate Kid", entah udah berapa kali nonton tuh film tapi tetep aja suka :D

Achsan MassiveBjn said...

mampir miz, wew lg mengupas jekicen nih.. dulu sring lihat tp skrg udah g, soalnya jrang muncul d tv, hha

Masnady said...

@Miz tia : untuk ngeceknya silahkan miztia menuju ke link ini : www.brokenlinkcheck.com/ semoga berhasil ya miz..?

Daniel Benny Simanjuntak said...

Wah saya suka nih jackie chan! Aktor terbaik untuk film ber-genre action menurut saya..

Andy Borneo said...

ternyata umur'nya lebih tua dari bapak saya.. :D

sigit prihatin said...

Aku pling suka film yang judulnya Rush Hour 3,,soalnya lucu bnget. hehehe

ini rizalarable said...

2011 - 2012 gak ada filmnya ya...

Topijerami Topjer said...

salah satu aktor mandarin favorit ane slain stephen chow

Basyarah said...

Waduh saya suka sekali kalau sudah liat dia beraksi, lincah banget dan banyak ide nya.

babol only said...

saya juga suka ni actor..sekarang ini jacky chan lagi mempersiapkan film terakhirnya sebelum pensiun.

Wildan Musthofa said...

wah parah itu fimnya berjejer banyak banget..hahahahaah

ditunggu komennya di http://catatanwildanmusthofa.blogspot.com

abdul basit said...

wah baru tahu kalau nama aslinya jacky chan adalah kong san chan,selama ini hobi dengan filmnya jacky chan tapi belum tahu biografinya.Nice share Miz.

Andes Rizky Nugroho said...

udah pasti kalo nonton jacky chan mesti bikin ketawa, tingkahnya yang kocak bikin perut sampe gak tahan nahan ketawa kebahak-bahak.
thanks infonya bermanfaat..

Post a Comment

* ) Referensi, bisa sobat lihat/baca/kunjungi alamat web/blog di bawah artikel halaman ini atau bagian footer blog ini.

** ) Beritahu jika ada link rusak "Broken Link", atau kesalahan dalam penulisan.

*** ) Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan dan bijak :) .

 
© Copyright 2012 MizTia Respect - All Rights Reserved | Template by Borneo Templates - Kreasi Iseng ♥ MizTia
Best Viewed in Chrome