Buku dan Film - Habibie dan Ainun

MizTia Respect - Review Buku Habibie dan Ainun | Sinopsis buku Habibie dan Ainun | Film Habibie dan Ainun




Sinopsis Film Habibie dan Ainun - MizTia Respect

Judul Buku : 'Habibie & Ainun'

Buku setebal 323 halaman itu menceritakan mulai dari awal pertemuan Habibie dan Ainun, sampai akhinya Ainun (72) menghembuskan nafas terakhirnya karena komplikasi penyakit pada 22 Mei 2010. Habibie menghitung masa hidup bersama Ainun, sejak menikah pada 12 Mei 1962, selama 48 tahun 10 hari.















"Bagi saya pribadi, hikmah menulis buku ini, telah menjadi terapi untuk
mengobati kerinduan, rasa tiba-tiba kehilangan oleh seorang yang selama 48 tahun 10 hari berada dalam kehidupan saya," kata Presiden ke-3 RI itu dalam pengantar bukunya.

Habibie masih ingat betul kapan ia pertama kali jatuh cinta kepada Ainun. Saat itu, 7 Maret 1962, Habibie sedang silaturahim ke rumah keluarga Besari, ayah Ainun, yang terletak di jalan Rangga Malela, Bandung, pada malam takbir. Pandangan mata malam itulah yang akhirnya mengantarkan keduanya pada kisah-kisah romantisme hari berikutnya, sampai akhirnya menikah 3 bulan kemudian.

"Tanpa saya sadari pandangan mata selama dengan Ainun telah menimbulkan perasaan rindu untuk berpandangan lagi," tulis Habibie (halaman 7)

Namun demikian, buku yang diterbitkan The Habibie Center ini, tidak melulu berbicara soal romantisme percintaan. Habibie menulis, istrinya itu juga selalu mendampingi dan mendukung pekerjaannya sebegai menteri. Bahkan saat ia menghadapi masa-masa krisis pada reformasi Mei 1998 dan menjabat Presiden ke-3 RI selama 17 bulan.

Habibie menulis, sebagai istri Anggota Kabinet Pembangunan, Ainun juga aktif dalam organisasi Dharma Wanita. Ainun pernah memimpin Balai Bina Kerta Raharja, lembaga sosial yang bergerak menjadikan para tuna wisma menjadi transmigran.

"Ainun selalu mandiri dan tidak pernah mengeluh dan menggangu pekerjaan saya. Seberat apapun pekerjaannya, ia selalu memberi senyumannya yang menenangkan saya dan selalu kurindukan sepanjang masa," kenang Habibie (halaman 120).

Dalam bagian akhir bukunya, Habibie juga menulis detik-detik perpisahannya dengan Ainun yang terbaring sakit di rumah sakit Ludwig Maximilian University di Muenchen. Pada 22 Mei 2010 pukul 17.30 waktu Muenchen, Ainun akhirnya pindah ke dimensi lain. Habibie pun membisikkan di telinga belahan jiwanya yang telah pergi itu.

"48 Tahun 10 hari, Allah Engkau telah menitipi cinta abadi yang menjadikan kami manunggal. Manunggal yang dipatri oleh cinta yang murni, suci, sempurna dan abadi," tulis Habibie (hal 296).

Cerita buku Habibie & Ainun tidak selesai sampai di situ. Setelah Ainun pergi, Habibie terus mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang menghantui pikiran dan perasaannya, seperti: "Di mana Ainun berada saat ini?Bagaimana Habibie bisa terhubung dengan Ainun?". Semua dijawab Habibie dengan memanfaatkan pengetahuan, pengalaman dan keyakinannya.
 
kemampuan Habibie dalam mengingat detail peristiwa peristiwa bersama Ainun. Terlebih, Habibie juga kerap menggunakan teori sains untuk menganalogikan peristiwa-peristiwa hidup yang mereka lalui bersama Ainun.

"Habibie bukan hanya profesor engineering, tapi juga profesor cinta," puji
Rektor Universitas Islam Negeri Jakarta yang mejadi komentator peluncuran buku,
Komaruddin Hidayat.
(news.detik.com - MizTia Respect)





Sinopsis Film Habibie dan Ainun - MizTia RespectSinopsis Film Habibie dan Ainun - MizTia Respect




Sinopsis Film Habibie dan Ainun - MizTia RespectGenre : Drama, Biografi
Tanggal Rilis Perdana : 20 Desember 2012
MPAA Rating : Bimbingan Ortu
Durasi : 118 min
Studio : MD Pictures

CAST & CREW

Sutradara : Hanung Bramantyo
Produser : Dhamoo Punjabi, Manoj Punjabi
Penulis Naskah : Faozan Rizal, Ginatri S. Noer
Pemain :
Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Tio Pakusadewo, Ratna Riantiarno, Mike Lucock, Vita Mariana






 

Film Habibie & Ainun mengangkat kisah nyata tentang cinta pertama dan terakhir dari Presiden ketiga Indonesia dan ibu negara Indonesia. Kisah tentang Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dan mendiang istrinya (Alm.) Hasri Ainun Habibie. Film bergenre drama romantis ini diberi judul berdasarkan buku tulisan Habibie sendiri yag berjudul 'Habibie & Ainun'.

Proses syuting dilakukan mulai Juli 2012 dan tayang pada Desember 2012. Film ini menobatkan Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari berperan sebagai Habibie dan Ainun dibawah arahan sutradara Faozan Rizal.


PLOT CERITA

Suatu hari di sebuah hanggar tua dalam kawasan IPTN, Bandung, saya kira tahun 2000-an Habibie (Reza Rahadian) bersama istrinya Ainun (Bunga Citra Lestari) menyempatkan diri singgah. Mantan Presiden RI ini menunjukkan sebuah pesawat yang berdebu Gatotkaca N250. Sambil menangis Habibie berkata: Untuk membangun pesawat itu saya kehilangan waktu 30 tahun bersama kamu dan anak-anak. adegan ini bikin saya merinding.

Ini adalah kisah tentang apa yang terjadi bila kau menemukan belahan hatimu. Kisah tentang cinta pertama dan cinta terakhir. Kisah tentang Presiden ketiga Indonesia dan ibu negara. Kisah tentang Habibie dan Ainun.

Sinopsis Film Habibie dan Ainun - MizTia Respect


Rudy Habibie seorang jenius ahli pesawat terbang yang punya mimpi besar: berbakti kepada bangsa Indonesia dengan membuat truk terbang untuk menyatukan Indonesia. Sedangkan Ainun adalah seorang dokter muda cerdas yang dengan jalur karir terbuka lebar untuknya.

Pada tahun 1962, dua kawan SMP ini bertemu lagi di Bandung. Habibie jatuh cinta seketika pada Ainun yang baginya semanis gula. Tapi Ainun, dia tak hanya jatuh cinta, dia iman pada visi dan mimpi Habibie. Mereka menikah dan terbang ke Jerman.

Punya mimpi tak akan pernah mudah. Habibie dan Ainun tahu itu. Cinta mereka terbangun dalam perjalanan mewujudkan mimpi. Dinginnya salju Jerman, pengorbanan, rasa sakit, kesendirian serta godaan harta dan kuasa saat mereka kembali ke Indonesia mengiringi perjalanan dua hidup menjadi satu.

Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya. Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah segalanya, pengisi kasih dalam hidupnya. Namun setiap kisah mempunyai akhir, setiap mimpi mempunyai batas. Kemudian pada satu titik, dua belahan jiwa ini tersadar. Apakah cinta mereka akan bisa terus abadi? (WK - MizTia Respect)


"Ini adalah kisah tentang apa yang terjadi bila kau menemukan belahan hatimu."











 "Setiap terowongan pasti memiliki ujungnya. Setiap ujungnya pasti ada cahaya. Saya janji akan membawamu ke cahaya itu." - Rudy Habibie



http://hiburan.kompasiana.com/film/2012/12/23/review-habibie-dan-ainun-romantis-historis-sang-teknokrat-513285.html
" Copy-Paste? Baca Disclaimer! "
Bagikan Tulisan Ini:


Artikel Terkait:

32 Comment:

zachflazz said...

romantisnya mirip kisah cinta antara saya dengan isteri saya.

Rizal Uye said...

pengen nonton film nya

Muh Hendrik said...

Cerita nyata dan insipratif Miz. Kisah itu dimulai saat kita menemukan belahan jiwa kita.

Cmte Valter said...

Thank you very much my friend for your visit, happy Wednesday with peace and successes. hugs Valter. :)

bredmart said...

saya suka nonton filmnya, kerennnn

Ardian Tokotua said...

Ow di blog ini to? disamping kanannya releated post... yah kira2 diisi apa bagusnya... kebetulan belum ada kotak berlangganannya, mungkin itu bagus dipasang agar bersanding dgn realeted post, bisa jg iklan dll, tergantung dari selera kk MiTi aja hehe!

Masnady said...

saya sudah nonton filmnya sobat.. menurut saya ini film yang sangat bagus, banyak pesan moralnya.. dan mungkin bisa jadi motivator untuk menjaga hubungan....

Direktori Weblog said...

Filmnya baru donlot kemarin...keren bgt filmnya. Mizti dah nonton belum :)

Rudy Arra said...

Ceritanya manas-manasin nih...

MEDIA RJ said...

"Habibie bukan hanya professor engineering, tetapi juga profesor cinta", keren kata-katanya miss, terima kasih

zachflazz said...

semoga kelak Mbak Tia dapet yang kayak habibie

Em Albar said...

owh ada versi bukunya juga rupanya

baruy tempe saya

cii yuniaty said...

duh...siapin tissue dulu ah.....

Sundo Nurbono said...

Filmnya bagus banget..
Tapi sayangnya kenapa Alm Ainun diperankan oleh BCL

Rohis Facebook said...

ternyata ada bukux jg ya..., salut sama reza yg pandai brperan menyerupai sosok habibi.., cara jalan, cara berbicara dst..., itu belajarx berapa lama ya?

thx infox... *smile

Ahmad Yazid said...

udah nnton Miz.. wkakkk ...

Penyuluh Perikanan said...

Habibie memang hebat ya Miz, ia bukan hanya profesor engineering, tapi juga profesor cinta,
kalau boleh minta tolong utk download filmya ada gak yah yg gratis..hehe.

Faisyah Febyola said...

saya udah nonton filmnya, tapi saya juga ingin membaca bukunya. rasanya penasaran saja dengan karya asli sang pemeran :)

Ifan Qomarudin said...

.: Kalo kisah cinta Presiden di-film-kan memang selalu menarik...^_^

zachflazz said...

kalo saya sih setuju aja Bu Ainun diperankan BCL. daripada diperankan Nunung

Muro'i El-Barezy said...

kalo saya ndeso banget nih, soalnya baik buka atawa filmnya belum pernah liat hehe..makasih sinopsisnya jeng

Gen - Q said...

Aku belum sempat lihat filmnya.... Huhu, ngiri sama teman-teman yang sudah lihat :'(

Asep Haryono said...

Saya belum pernah nonton filmnya, tapi istri saya sudah katanya bagus. HIheihieiee jadi malu nih. Masa saya kalah sama istri yang sudah duluan nonton film ini

galih HB said...
This comment has been removed by a blog administrator.
galih HB said...

hehe maap kalo nyepam :((( bukan mau nyepam tapi mau ngasih tau link donlotnya wkwk maap ya.

kalo ada yg mau link donlotnya buka blog gue di profil blogger :p << bukan nyepam kan? *alibi

budi os 19 said...

ini...film sukses ya..sampe byk yg nonton...pi sayang nya...saya orang yg termasuk blm nonton..hehe
#udah tayang di tv blm ya?

budi os 19 said...

mirip sama dg kembar ya :)

budi os 19 said...

gimana..nih mbak tia nya..mau gak
#sebelum saya mengamini nih...hehe :)

cahyo jm said...

wah semoga beliau sehat selalu dan terus berkarya untuk putra putri bangsa

Penyuluh Perikanan said...

habibi ini memiliki kisah yg romantis yah
sukses juga untukmu ya Miz...
salam

Penyuluh Perikanan said...

Hello Miz ...
aku mau ngisi buku tamu, tapi dimana yah

Em Albar said...

kox di gramedia kampungku belum ada ya

Post a Comment

* ) Referensi, bisa sobat lihat/baca/kunjungi alamat web/blog di bawah artikel halaman ini atau bagian footer blog ini.

** ) Beritahu jika ada link rusak "Broken Link", atau kesalahan dalam penulisan.

*** ) Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan dan bijak :) .

 
© Copyright 2012 MizTia Respect - All Rights Reserved | Template by Borneo Templates - Kreasi Iseng ♥ MizTia
Best Viewed in Chrome