Bio


Bondan Prakoso & Fade2Black merupakan project kolaborasi musikal antara Bondan Prakoso (vokalis, bassis, komposer dan produser) dan Fade2Black (grup Rap beranggotakan Titz, Santoz dan Lezzano).

Sejarah :
Pada tahun 2004, seusai menyelesaikan studinya di Sastra Belanda, Universitas Indonesia dan lepas dari band Funky Kopral, Bondan Prakoso berniat membuat proyek musik yang menggabungkan berbagai jenis musik ke dalam sebuah bentuk musik baru. Dia lalu mengajak TitzG, seorang rapper yang juga merupakan teman satu kampusnya untuk bergabung.

Namun TitzG merasa kalau project  ini akan semakin lengkap dan  kuat jika grup Rap yang dibentuk bersama teman-temannya di Bogor bernama Fade2Black, turut bergabung.
Agar warna musik dan lirik yang dihasilkan lebih kuat dan beragam, Bondan  setuju untuk melibatkan Fade2Black dalam proyek ini. Alih-alih hanya satu rapper, proyek musik ini menggabungkan 3 rapper sekaligus, Tito a.k.a Titz, Ari a.k.a Santoz dan Eza a.k.a Lezzano.

Pada akhir tahun 2004, Bondan Prakoso & Fade 2 Black mulai melangkah ke dapur rekaman. Mereka pun menciptakan beberapa lagu dengan sentuhan Rap, Rock, dan Funk. Bondan Prakoso bertanggung jawab di sisi instrumen, komposisi dan aransemen, sedangkan Fade2Black menggarap lirik lagunya.

Proses ini hanya berlangsung 4 bulan dan pada bulan Agustus 2005, album  perdana mereka yang bertajuk "RESPECT" resmi dirilis di bawah naungan Sony BMG Music Indonesia. Album tersebut diwarnai berbagai jenis musik dengan rap sebagai vokal utama dengan ditimpali vokal Bondan yang turut menghiasi beberapa lagu. Dengan album bermaterikan 12 lagu itu, Bondan Prakoso & Fade2Black pun menuai beragam  prestasi, seperti:

· MTV Indonesia Exclusive Artist,  November 2005
· MTV Advance Warning Award, November 2005
· Anugerah Musik Indonesia 2006, sebagai Produksi Album Rap Terbaik.

Album kedua mereka, "UNITY" dirilis pada bulan November 2007. Album yang menjagokan lagu "Keroncong Protol" ini semakin memantapkan posisi Bondan Prakoso & Fade2Black sebagai  grup yang kreatif dan mampu menciptakan sesuatu yang berbeda. Berkat album  ini mereka kembali meraih penghargaan Produksi Album Rap Terbaik dalam Anugerah Musik Indonesia 2008.

Pada tahun 2010, mereka kembali dengan album ketiga mereka, "FOR ALL" dan kembali menggebrak industri musik lokal dengan single terdahsyat Ya Sudahlah'.

Di album "FOR ALL" ini, telah sedikit banyak mengangkat mereka ke titik pengakuan tertinggi di industri musik Indonesia. Seiring dengan meledaknya hits single "Ya Sudahlah" di pasaran,  Bondan Prakoso & Fade2Black berhasil memperoleh 4 kali Platinum Award untuk download RBT (Ring Back Tone)  dan menjadi Twitter Trending Topics sebanyak 5 kali. Dan untuk ketiga kalinya, mereka kembali meraih penghargaan Produksi Album Rap Terbaik dalam  Anugerah Musik Indonesia 2011. Dengan  itu juga, mereka telah memenangkan beberapa penghargaan lain, seperti:

· Lagu TerDahsyat 2011 pada ajang Anugerah Music TerDahsyat 2011, "Ya Sudahlah".
· Artis/Grup R&B/Rap/Dance Terbaik pada ajang Indosat Award 2011.
· Lagu R&B/Rap/Dance Terbaik pada ajang Indosat Awards 2011, "Kita Slamanya".
· TOP 50 Artists di jajaran  musisi populer Billboard Uncharted, 2011
· Artist of The Week di Billboard Uncharted, minggu ke-2 Maret 2011

Sekarang, pada tahun 2012,  mereka kembali dengan single perdana "Tak Terkalahkan" yang telah sukses dipemutaran serentak di 200 radio se-Indonesia. Single ini menjadi pembuka di albumnya yang ke-empat, bertajuk " RESPECT & UNITY FOR ALL". Yang berbeda kali ini, Bondan Prakoso & Fade2Black melepas CD album mereka terbatas dengan sistem  penjualan  pre-order. Dengan  sampul depan album yang dikemas dalam bentuk hologram, kemudian di dalamnya terdapat pin resmi dengan  logo terbaru mereka dan tanda-tangan setiap personilnya, album ini ditujukan bagi REZPECTOR, sebutan bagi penggemar music mereka yang ingin mengkoleksi CD original Bondan Prakoso & Fade2Black. Setelah sesi pre-order ini, nantinya album  mereka akan dilepas ke pasaran dalam bentuk komersil pada umumnya.


Profile BONDAN PRAKOSO & FADE2BLACK

Bondan Prakoso (Basist/Arrangement)

image01
Bondan Prakoso yang lahir di Jakarta, 8 Mei 1982 adalah adalah anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Lily Yuliningsih dan Sisco Batara. Dia memiliki kakak laki-laki bernama Pipit Purnama dan adik laki-laki bernama Bagus Satrio.

Pada tanggal 17 Desember 2007,  Bondan menikahi kekasihnya yang bernama Margareth Caroline Fatah atau yang akrab disapa Margie dan dikaruniai seorang putri yang bernama Kara Annabelle Prakoso.

Karir Musik:
Dia adalah  salah  satu  musisi Indonesia yang mengawali karier bermusik sebagai penyanyi cilik di era 80-an hingga awal tahun 90-an. Berkat album "Si Lumba-lumba" namanya melambung. Di masa kecilnya sebagai penyanyi cilik, Bondan telah menelurkan 7 buah album.

Di tahun 1997, Bondan yang juga Alumni D3 Sastra Belanda Universitas Indonesia ini memulai karier remaja dan dewasanya saat membentuk band Funky Kopral, sebagai bassis, hingga merilis 3 buah album. Bahkan album  kedua band  ini diganjar penghargaan AMI Sharp Awards di tahun 2001 untuk kategori Group Alternatif Terbaik. Di tahun 2002, Funky Kopral merilis album ketiga mereka dengan kolaborasi bersama Setiawan Djodi dengan hits singel Tokek dan lagi-lagi diganjar penghargaan AMI Sharp Awards di tahun 2003 untuk kategori Kolaborasi Rock Terbaik.
Setelah album  ketiga dirilis tahun 2002,  ia mengundurkan diri dari Funky Kopral. Hingga di tahun 2004,  ia membentuk grup baru bernama Bondan Prakoso & Fade 2 Black dengan genre musik Rock Funk yang dipadu dengan Rap dan telah menelurkan 4 buah album.

Sebelumnya, di tahun 2006, Bondan bersama 12 orang pemain bass dari berbagai band di Indonesia seperti Thomas "GIGI", Rindra "Padi", Bongky "BIP",Adam Sheila on 7 dan bassis Indonesia lainnya diganjar penghargaan oleh MURI untuk penghargaan Penampilan Bassis terbanyak dalam  satu panggung.

Diskografi:
  • Solo
-         7 buah album anak-anak (1988-1995)
-          Phsychadelic Sub Rythm di album Bass Heroes, (2005)
  • Funky Kopral
-          Funchopat (1999)
-          Funkadelic Rhythm And Distortion (2000)
-          Misteri Cinta kolaborasi dengan Setiawan Djodi (2002)

  • Bondan Prakoso & Fade2Black
-          Respect (2005)
-          Unity (2007)
-          For All (2010)
-          Respect & Unity For All (2012)




Jejaring sosial : 
- https://twitter.com/OfficialBondan 

Fade2Black

Fade2Black adalah sebagian  kecil dari komunitas musik  di kota Bogor yang memiliki pandangan kedepan tentang perubahan dan  menginginkan sesuatu yang bersifat baru untuk memacu kreatifitas generasi muda yang memiliki potensi, khususnya di lingkup pergaulan Black Music yang notabane-nya memilki banyak bakat dan minat yang belum sepenuhnya digali di kota Bogor pada era 90-an akhir.

Kenapa diberi nama Fade2Black?
Pertanyaan tersebut selalu dipertanyakan dan sampai saat ini masih tetap dengan jawaban dan  alasan yang sama, "Karena kita SUKA dengan nama tersebut" tanpa ada embel-embel ataupun meniru sesuatu yang telah eksis sebelumnya.

Diawali dari pertemanan delapan  orang remaja, Fade2Black yang sebelumnya diberi nama Subtitle 28, terbentuk pada tanggal  08 February 2000 sebagai bentuk ekspresi dari kecintaan mereka pada music soul, hiphop dan R&B atau biasa mereka sebut dengan Black Music (baca: music yang biasa dibawakan oleh orang-orang kulit hitam).  Grup yang berasal dari Bogor ini awalnya dibentuk dengan formasi band dengan anggota :

· Tito a.k.a TitzG (MC/Rapper/Singer)
· Ari a.k.a Santoz Ariego (MC/Rapper)
· Adit a.k.a Lozbone (MC/Rapper)
· Choki a.k.a Nizto (MC/Rapper)
· Eza a.k.a Lezzano (Drum)
· Anan a.k.a DJ An2 (Syntesizer/Keyboard)
· Dito a.k.a lil"D (Bass)
· Agung a.k.a Morello (Guitar)

Fade2Black, di awal terbentuknya, sedikit demi sedikit membangun kerajaan Hiphop di kota Bogor dengan sosialisasi berupa pesan moral melalui lirik lagu yang bertemakan segala sesuatu yang berkaitan dengan perkembangan Bogor Hip hop itu sendiri dan juga suatu cara yang kami sebut dengan socialization down  to earth , yang artinya merangkul semua komunitas-komunitas Hiphop berskala minor yang banyak tersebar di seluruh kota Bogor untuk menjadikan suatu komunitas Hiphop yang lebih besar dan  lebih kuat untuk bisa maju dan membuktikan eksistensi komunitas ini kepada masyarakat luas.

Seiring waktu, Morello  dan lil'D terpaksa harus vakum karena alasan kesibukan diluar Fade2Black. Tapi itu bukan menjadi suatu penghalang untuk tetap berkarya dan tetap berjuang pada komitmen awal terbentuknya grup ini. Di tahun 2002, mereka merubah formasi band menjadi grup Rap/Hiphop dengan 5 MC/Rapper (TitzG, Santoz Ariego, Lezzano, Lozbone dan Nizto) dan 1 DJ (DJ An2).

Di tahun 2003, mereka sempat membuat album independent (baca: indi) dengan judul yang sama dengan nama grup mereka, yaitu Fade2Black. Album ini dijual secara hand-to-hand selling dengan jaringan penjualan Jabodetabek dan Bandung.

Di penghujung tahun 2004, TitzG mengajak grupnya, Fade2Black untuk berkolaborasi dengan Bondan Prakoso. Namun, karena beberapa kendala pribadi, Lozbone, Nizto dan DJ An2 tidak bisa ikut bergabung dalam  project kolaborasi itu.

Diskografi:

              -        Fade2Black (2003)
Jejaring Sosial:
http://www.myspace.com/fade2blackbogor
http://twitter.com/#!/Fade2Black_BGR

Personil:

TITZ GOMEZ (Rapper/Beatbox)
image02Titz Gomez atau yang akrab disapa TitzG  ini lahir di Bogor, 10 November 1981 dengan nama lengkap Tito Budidwinanto. Dia adalah anak  kedua dari tiga bersaudara pasangan Yatti Suhartati dan  (Alm) Djono Budiono. Dia memiliki kakak laki-laki bernama Tino Budiman dan adik laki-laki bernama Dito Buditrianto.

Pada tanggal 4 April 2010,  TitzG menikah dengan kekasih yang dipacarinya selama 5 tahun bernama Kurnia Sari atau yang akrab disapa Nia dan  telah dikaruniai seorang putri yang bernama Naytisya Qaisara Dwinanto.

Karir Musik:
TitzG yang juga pernah menjadi karyawan di sebuah perusahaan IT sebagai supervisor servicedesk selama 7 tahun ini mulai menggeluti dunia musik rap sejak dia menginjak bangku Sekolah Dasar di era 90-an dengan telah menulis lirik-lirik lagu rap. Sejak itu, dia mulai menyukai segala jenis musik dengan elemen  rap sebagai vokal utamanya.

Setelah melewati beberapa waktu dengan selalu bergonta-ganti band yang beragam aliran  musik, seperti rap rock, ska dan R&B, TitzG memutuskan bahwa hiphop adalah musik inti yang dia cintai. Di tahun 2000, dia membentuk Fade2Black.

Selain dikenal sebagai rapper dari Fade2Black, TitzG yang lulusan S1 Sastra Belanda, Universitas Indonesia ini, juga dikenal sebagai Human Beatbox Indonesia. Bersama teman yang dikenalnya lebih dulu di dunia maya, Billy a.k.a BDaBX, di tahun 2008 mereka membentuk satu komunitas beatboxing pertama dan terbesar di Indonesia, yaitu Indonesian Beatboxing Community atau lebih dikenal dengan nama Indobeatbox

Diskografi:

  • Fade2Black
          -          Self Titled (2003)

  • Bondan Prakoso & Fade2Black
-          Respect (2005)
-          Unity (2007)
-          For All (2010)
                -          Respect & Unity For All (2012)
Jejaring Sosial:
  • https://twitter.com/#!/titzgomez
  • http://www.myspace.com/titzg
  • http://www.facebook.com/titz.gomez


LEZZANO (Rapper)
image03

Reza atau lebih dikenal dengan nama panggung Lezzano lahir dan besar di kota Bogor. Rapper yang lahir pada  4 Mei 1983 dengan nama lengkap Danial Rajab Fahreza ini adalah anak  kedua dari dua bersaudara pasangan Suhandharti dan Muhammad Amron. Lezzano yang mempunyai hobi mengkoleksi piringan hitam dan Aquascape ini mempunyai kakak perempuan yang bernama Handrika Ariany.

Ia berhasil menyelesaikan studinya pada tahun 2007 di Institut Pertanian Bogor, Fakultas Kehutanan angkatan 39.

Karir Musik:
Lezzano mulai menyukai musik sejak sepupunya mengenalkan pada musik-musik rap luar negeri sewaktu ia kecil. Karena tidak mempunyai hobi musik yang sama dengan teman sebaya kala itu, Lezzano mulai menguasai drum sejak Sekolah Menengah Pertama untuk menyalurkan hobi musiknya mulai dari drummer band hardcore, ska, hiphop, dll. Hingga akhir tahun 2003, Lezzano memutuskan untuk berhenti duduk di belakang drum set dan total menjadi rapper.  Kecintaannya pada literatur membuat Lezzano memutuskan menjadi rapper karena bisa membuat ia bebas berekspresi sesuai dengan yang ia inginkan. Saat ini, Lezzano membentuk project bersama Bondan Prakoso dan bersama grupnya yang bernama Fade2Black.

Diskografi:
  • Fade2Black
          -          Self Titled (2003)

  • Bondan Prakoso & Fade2Black
-          Respect (2005)
-          Unity (2007)
-          For All (2010)
                -          Respect & Unity For All (2012)
Jejaring Sosial:
  • https://www.twitter.com/lezzano
  • http://www.facebook.com/Danialezanofahreza
  • http://www.Path.com/DanialRFahreza
  • http://kamarsemiotika.blogspot.com

SANTOZARIEGO (Rapper)

image04
SantozAriego atau dikenal sebagai Arie atau Santoz adalah seorang  putra daerah yg lahir di Gorontalo, 17 April 1982 dan besar di kota Bogor.

Terlahir dengan nama lengkap Ardaninggar Nazir adalah anak  pertama dari tiga bersaudara pasangan Sunarti Hulinggi dan Ir. Poernama Gandhi Nazir.
Besar dengan dua saudara laki-laki bernama M.Amarullah (Rully) dan Yanuar Patrio (Rio)

Menyelesaikan studi S1 Hukum di Universitas Pancasila pada tahun 2005 dan pernah bekerja pada sebuah perusahaan telekomunikasi nasional pada tahun 2007-2009.

Menikah dengan Nia Kurniawati atau yang akrab disapa Nia Wae pada tanggal 22 Juli 2011 dan  telah dikaruniai seorang putra yang bernama Mohammad Altair Narafahd Nazir.

Karir Musik:
Selain dikenal sebagai personil dari Bondan prakoso & Fade2Black, SantozAriego mulai menggeluti musik rap sejak tahun 90-an dengan mengikuti perkembangan musik rap pada saat itu yang diusung oleh Iwa K dan pasukan Pesta Rap 1,2,3. Sejak saat itu, dengan niat dan kerja keras akhirnya pada 8 Februari 2000 membentuk Fade2Black dan bertahan sampai sekarang.

Proses panjang yang penuh liku,  akhirnya di tahun 2003, bersama Fade2Black mewariskan karya pertama untuk scene Hiphop lokal dalam bentuk album indie, Fade2Black (Self Titled).

Diskografi:

  • Fade2Black
          -          Self Titled (2003)

  • Bondan Prakoso & Fade2Black
-          Respect (2005)
-          Unity (2007)
-          For All (2010)
                -          Respect & Unity For All (2012)

Jejaring Sosial:
  • https://www.twitter.com/santozariego
  • http://www.facebook.com/SantozAriego
  • http://www.Path.com/SantozAriego
  • http://santozgreenroom.blogspot.com
  • Follow Instagram: SantozAriego




Biography Terkait Tentang Bondan Prakoso dan Fade2Black :
Jejaring Sosial lainnya bisa ditemukan pada menu yang sudah tersedia di Blog ini

sumber : http://www.bondanfade2black.com/main/index.php?page=bio
" Copy-Paste? Baca Disclaimer! "
Bagikan Tulisan Ini:


Artikel Terkait:

9 Comment:

Indra Antara said...

lengkap banget tan.. mantap juga blog yang ini.. salut dah wat tantekuh

Alt Amiend said...

kunjungan mlm

PS Holic said...

wuihhh lengpa banged nii profile personilnya :) mantap!

Belajar Photoshop

Ahmad Yazid said...

ko biografi'a ariel ga ada :(
hahaa ...

ahmad muazim abidin said...

kelahiran 8 mei ternyata, wuih deket sama tanggal 4 mei :D

lagu yang tak terkalahkan aku belum punya cd nya..

dimas bagus nugroho said...

saya suka bondan prakoso ketika dia masih di funky kopral bareng iman j-rocks, skill nya tidak di ragukan lagi, salah satu basis terbaik indonesia

mailey jayley said...

support kamu juga..sudah menjadi follower kamu..follow saya kembali ya :)

Sandi Metaland said...

Respect

Rizal Uye said...

awal nya aku gak kenal sama ade2 black, awal2 kenal mereka ketika manggung bareng bondan prakoso yang top banget baenin mas betot,buat aku jadi suka sama musik-musik mereka

Post a Comment

* ) Referensi, bisa sobat lihat/baca/kunjungi alamat web/blog di bawah artikel halaman ini atau bagian footer blog ini.

** ) Beritahu jika ada link rusak "Broken Link", atau kesalahan dalam penulisan.

*** ) Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan dan bijak :) .

 
© Copyright 2012 MizTia Respect - All Rights Reserved | Template by Borneo Templates - Kreasi Iseng ♥ MizTia
Best Viewed in Chrome