Film Musical - JALANAN Hidup Itu Harus Dihidupkan!


Film Musical - JALANAN Hidup Itu Harus Dihidupkan!
Film Musikal - Jalanan


© MT. JALANAN adalah sebuah film dokumenter (a musical documentary). Dalam film jalanan menggunakan musik sebagai penghantar cerita.
Film JALANAN diangkat dari kisah nyata, memiliki alur cerita yang menurut saya sangat kuat dimana film ini dipenuhi drama, humor cerdas, kocak, kritis, sehingga membuat film dokumenter ini tidak membosankan untuk ditonton.

Film dokumenter "JALANAN" pertama kali pada Oktober 2013, dan berhasil memenangkan ‘Best Documentary’. Film "JALANAN" mengisahkan lika-liku hidup tiga pengamen jalanan Jakarta yaitu: Boni, Ho dan Titi.
Rasa kesepian, duka kematian, dorongan seksual, meriah perkawinan, kisruh perceraian, nelangsa masuk bui, gemuruh reformasi, gempuran globalisasi, politik, serbaneka perjalanan hidup pahit-manis-asin-getir-garing yang mereka alami dalam keseharian mereka, diungkap polos layaknya potret kaum tersisih, fenomena amat khas bernama Indonesia. Film "JALANAN" disuguhkan secara gamblang. Benar-benar apa yang ada di Jakarta. - indonesiakreatif.


Film Musical - JALANAN Hidup Itu Harus Dihidupkan!
Tentang Jakarta - Indonesia



Dalam film JALANAN, menggambarkan kaum terpinggirkan macam Boni, Ho dan Titi menjadi dirinya sendiri. Mereka bukan hanya bercerita namun kisah mereka juga dapat dijadikan suri tauladan bagi kaum yang lebih beruntung.
Ketiga pengamen jalanan itu memiliki sikap yang pantang menyerah, mereka berani berkelana di ibukota yang kejam. Trio pengamen ini memeang tidak beruntung, namun semangat mereka dalam menjalani hidup sehari-hari di ibukota dengan tawakal mampu menghipnotis penonton.


Boni, Ho dan Titi punya keunikan masing-masing karakter di film "JALANAN". Film juga disertai soundtrack musik orisinil baik karya Boni, Ho dan Titi yang mereka alunan sendiri. Ditambah pula lagu karya musisi-musisi muda berbakat Indonesia yang dihadirkan di film JALANAN sebagai penguat penyampaian pesan. 

Film musical JALANAN, tentu saja hampir disepanjang alur cerita film diiringi musik yang asyik lagi menarik. Iringan musik di hampir sepanjang film digambarkanlah mereka senantiasa pasrah sekaligus gigih dalam menyiasati kezaliman nasib. Sikap gigih dan pantang menyerah justru membuat penonton bersimpati menyemangati bahkan turut membuat penonton termotivasi.


Kisah hidup mereka layak diangkat ke layar lebar.
Boni memang tak bisa membaca dan menulis, namun ia adalah figur pejuang jujur sekaligus artistik. Ho, pengamen yang jenius, meskipun masih kalah secara ekonomi namun sudah menang secara pengalaman dan intelektual dalam menyiasati ibukota, hebatnya lagi melalui lagu yang dinyanyikannya dia mampu menyindir dengan lagu-lagunya. Titi, gitar buluk yang selalu menemaninya dalam segala aktifitas dan membuat lagu, ia wanita Indonesia pemberani, tak bisa saya bayangkan wanita manis seperti Titi berani mengamen di ibukota.

Saya sangat kagum dengan Boni, Ho dan Titi, lewat film JALANAN, kisah nyata hidup mereka di Ibukota yang kejam membuat saya termotivasi.
Banyak hal yang bisa kita pelajari dari film JALANAN dan para tokohnya, film yang bercerita mengenai kelompok miskin marjinal seperti memberi nasihat kepada saya agar saya tidak lupa untuk bersyukur. Film JALANAN disusun tidak untuk ‘menggurui’ para penonton. Film JALANAN bermaksud membawa penonton ke dalam dunia penuh warna.

Dalam Film JALANAN ini terdapat banyak momen mengharukan, perjuangan serta ketidakadilan, humor yang cerdas, musik yang asik, keindahan hidup, impian dan harapan kaum marjinal.


Ho, Titi & Boni adalah warga Jakarta yang tak ingin dikalahkan oleh kemiskinan dan kebodohan. Pemikiran yang kritis, tetapi tidak untuk meratap dalam kekelaman Jakarta.



JALANAN adalah karya film dokumenter, yang menggambarkan Jakarta atau Indonesia, segamblang mungkin atau blak-blakan. JALANAN bercerita jujur, nihil eksploitasi, menginspirasi, memotivasi, juga puitis. Film ini mampu membuat semangat saya bangkit untuk menjadi manusia lebih baik. Ada perasaan kecewa, semangat, kemarahan, perasaan cinta, semuanya campur aduk di JALANAN. JALANAN juga membuat saya jadi berani menjalani hidup. Bukan takut karena tidak memiliki keluarga atau teman jika didunia luar, sebab film JALANAN mengajarkan rasa kasih sayang antar manusia.

Ini kata mereka :)
Filmnya seru dan keren.

" Copy-Paste? Baca Disclaimer! "
Bagikan Tulisan Ini:


Artikel Terkait:

6 Comment:

zachflazz said...

saya jadi pengen nonton ini ahh. nggak beredar di layar lebar kan?
mau dong Mbak Tia

Cilembu thea said...

wah ini sih...guweh banget, udah nonton di dvd bajakannya, emang menyentuh dan menginspirasi banget jalanan nya.
betewe saya punya kaos Jalanan nya, dapet pas nonton kick andy langsung di metro...keren kan?

Em Albar said...

kayaknya ini kren deh,saya mau lihat pastinya

Tonny Marezco said...

waah...film ini uda menginspirasi saya dalam menjalani hidup..begitu kerasnya hidup yang saya jalani saat ini dan memotivasi saya untuk tetap semangat

Mbah dinan said...

YUPS MAKASIH ATAS INFONYA LANGSUNG NONTON GAN.

Ehwansah Jailani said...

pengen lihat film ini, pasti kehidupan yang mereka ceritakan ini pasti seru banget ya mbak...

Post a Comment

* ) Referensi, bisa sobat lihat/baca/kunjungi alamat web/blog di bawah artikel halaman ini atau bagian footer blog ini.

** ) Beritahu jika ada link rusak "Broken Link", atau kesalahan dalam penulisan.

*** ) Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan dan bijak :) .

 
© Copyright 2012 MizTia Respect - All Rights Reserved | Template by Borneo Templates - Kreasi Iseng ♥ MizTia
Best Viewed in Chrome