Trick Art Lukisan 3D di Indonesia

 

Pameran Lukisan 3D, Kenalkan Trick Art di Indonesia

Beberapa diantara kita mungkin sudah pernah menemukan lukisan 3D yang sukses memanipulasi daya pandang manusia, baik terlibat langsung maupun hanya sebatas memandang lewat internet. Ya, Tipuan gambar ini dikenal dengan sebutan "Trick Art".

Sebagai bagian untuk memerkenalkan, sekaligus menghadirkan karya seni trick art kelas dunia kepada pencinta dan pencipta seni Indonesia, PT Tree Communication mengelar sebuah eksibisi seni bertajuk "Trick Art Japan" 3D Exhibition.

Mengambil lokasi di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (2/11), pameran tersebut menampilkan sejumlah lukisan unik yang memanfaatkan tiga unsur utama dalam penciptaan ilusi penglihatan. Ilusi geometri yang mengacu pada konsep struktur benda, ilusi physiological yang merupakan proses antara otak dan mata, serta ilusi yang mengedepankan rasa dan alasan.

Berlangsung selama dua bulan penuh, tepatnya dari 2 Desember 2012 hingga 3 Februari 2013, ajang ini memamerkan koleksi karya seni trick art yang sedang digemari di kancah internasional. Jika dalam pameran lukisan pengunjungnya tidak boleh mengambil gambar atau menyentuh, namun dalam pameran ini pengunjung atau penikmat lukisan justru wajib berinteraksi langsung dengan menyentuh dan berfoto bersama karyanya.

Dengan begitu, kita bisa langsung merasakan ilusi yang disajikan oleh karya lukisan tesebut. Jadi dengan berfoto langsung bersama lukisan-lukisan trick art ini, hasilnya akan terlihat nyata. Kita akan mengalami kejadian asli yang diceritakan dari lukisan tersebut.

"Seni Trick Art ini sebetulnya penggabungan dari warna dan sudut perspektif yang membuat lukisan akan terlihat 3D. Lukisan ini belum komplit jika kita belum berinteraksi, kita harus jadi satu dengan lukisan ini," terang Mr Kamiyama, perwakilan Trick Art Japan 3D Exhibition kepada Koran Jakarta.

Trick Art merupakan wadah edutainment yang menyenangkan, mengundang partisipasi penuh para pengunjung untuk menyentuh dan memotret diri dengan karya-karya tersebut. Perpaduan warna, perspektif serta teknik pencahayaan yang detail akan menciptakan efek tiga dimensi (3D) yang terbentuk dari rangkaian lukisan pada objek datar.

Pihak panitia berharap, dengan diadakan ajang ini bisa dijadikan sebagai wadah pendidikan yang menghibur dan menyenangkan bagi para pengunjung. Pameran lukisan 3D ini juga kiranya dapat menarik perhatian beberapa komunitas besar di Indonesia, seperti komunitas fotografi, cosplay, pelajar, dan penggemar trick art.

Selain untuk memamerkan salah satu bentuk seni modern di dunia, eksibisi ini juga diharapkan dapat memicu minat para pengunjung hingga mendorong berkembangnya seni trick art di Indonesia.

Untuk dapat menikmati pameran trick art sambil mengabadikan foto-foto seru, pengunjung yang masuk kategori dewasa akan dikenakan biaya 50 ribu rupiah di hari biasa dan 75 ribu rupiah saat akhir pekan. Sedangkan untuk pelajar dan anak-anak dikenakan 35 ribu di hari biasa dan 50 ribu saat akhir pekan.
" Copy-Paste? Baca Disclaimer! "
Bagikan Tulisan Ini:


Artikel Terkait:

9 Comment:

Unknown said...

Kereeeeen....berarti sampe sekrang masih berlangsung dong pamerannya ya, miz? Mampir nanti deh kesana :)
Thanks sharingnya, miz.

Yogi Prasetian said...

wah keren banget mbak :D
aku nyoba ya,.

BTW pertamax nih ane :D

Kstiawan® said...

pasti keren dan bagus-bagus lukisanya ya..
saya jadi pingin lihat, tapi jahu banget..hohoho

Ave Ry said...

See.. sering lihat tapi gak tau namanya,. Nice share :)

Daydeng Ayyad said...

Blogwalkingggg . . . follow u . . follow me back maybe :) ^^

Ifan Qomarudin said...

.: karya yg sangat indah (http://moeslimmart.blogspot.com/)...^_^

dedetea66 said...

wooww 3D banget euyy,,,,,sayang jauuuuuhhh,,,,,,,

zachflazz said...

mending bikin sendiri ya Mbak

Unknown said...

pinter tuh yg gambar, seolah2 jadi kenyataan. nice share sobat :)

Post a Comment

* ) Referensi, bisa sobat lihat/baca/kunjungi alamat web/blog di bawah artikel halaman ini atau bagian footer blog ini.

** ) Beritahu jika ada link rusak "Broken Link", atau kesalahan dalam penulisan.

*** ) Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan dan bijak :) .

 
© Copyright 2012 MizTia Respect - All Rights Reserved | Template by Borneo Templates - Kreasi Iseng ♥ MizTia
Best Viewed in Chrome