Biography Daniel Radcliffe

MizTia Respect - Biography Daniel Radcliffe | Profil Daniel Radcliffe | Profil Harry Potter | Biography Harry Potter





Biography Daniel Radcliffe - MizTia RespectNama Asli
Daniel Jacob Radcliffe

Tanggal Lahir
23 Juli 1989

Tempat Lahir
Fulham, London, Inggris




Tinggi Badan
172.5

Kewarganegaraan
Inggris

Warna Rambut
Coklat Tua

Warna Mata
Biru

Ayah
Alan George Radcliffe

Pekerjaan Ayah
Agen Karya Sastra

Ibu
Marcia Gresham Radcliffe

Pekerjaan Ibu
Casting Director

Kekasih
Laura O'Toole (aktris), Rosanne Coker (asisten produksi), Erin Darke (aktris)

Populer Sejak
Berperan sebagai Harry Potter di serial Harry Potter

Biografi

Daniel Jacob Radcliffe alias Daniel Radcliffe lahir 23 Juli 1989 sebagai anak tunggal pasangan agen karya kesusastraan Alan George Radcliffe dan agen casting film BBC, Marica Jeannine Gresham. Kecintaan Daniel pada akting telah dimulai sejak dia masih berusia lima tahun. Pada Desember 1999, Daniel mengawali debutnya sebagai aktor lewat drama televisi produksi BBC yang merupakan adaptasi dari novel karangan Charles Dickens berjudul sama "David Copperfield". Ketika itu Daniel memerankan versi muda dari karakter utama David Copperfield.

Dua tahun setelah menjajal kemampuan akting sebagai aktor drama TV, Daniel muda kemudian memulai karirnya di layar lebar. Dia terpilih untuk membintangi film adaptasi sebuah novel tentang mata-mata karangan John le Carre berjudul sama, "The Tailor of Panama" (2001). Dalam film yang dibintangi Pierce Brosnan tersebut Daniel berperan sebagai Mark Pendel, putra Harold "Harry" Pendel yang diperankan aktor senior Geoffrey Rush.

Di awal perjalanan karirnya, Daniel sepertinya cukup beruntung dengan film adaptasi dari sebuah novel. Pada tahun yang sama dengan kemunculan film "The Tailor of Panama", Daniel berhasil lolos audisi dan lagi-lagi terpilih untuk membintangi film adaptasi dari seri novel karangan J. K. Rowling berjudul sama, "Harry Potter and the Philosopher's Stone". Dalam film arahan sutradara Chris Columbus tersebut, Daniel berhasil memerankan karakter utama penyihir muda bernama Harry Potter.

Kepiawaiannya berakting sebagai Harry dapat disaksikan di seri film "Harry Potter" yakni "Harry Potter and the Chamber of Secrets", "Harry Potter and the Prisoner of Azkaban", "Harry Potter and the Goblet of Fire", "Harry Potter and the Order of the Phoenix" dan "Harry Potter and the Half-Blood Prince". Adapun Daniel akan kembali menghidupkan karakter Harry Potter di sekuel terbarunya film yang akan tayang tahun ini "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part I" dan film yang akan tayang 2011 mendatang, "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part II".

Aktor yang akan berusia 21 tahun pada Juli nanti ini dikenal sangat serius dalam menjiwai peran-perannya. Hal itu nampak saat dia tampil sebagai pemuda yang terobsesi pada kuda, Alan Strang, di drama yang digelar di teater West End di London serta di teater Broadway, "Equus" (2007-2008). Dalam perannya tersebut, Daniel sampai rela tampil telanjang di salah satu adegan drama tersebut. Rencananya, Daniel akan unjuk kebolehan menyanyi dalam drama musikal Broadway arahan Rob Ashford, "How To Succeed In Business Without Really Trying", yang akan digelar tahun depan.

Daniel akan berperan sebagai seorang remaja bernama J. Pierrepont Finch yang berprofesi sebagai pembersih jendela. Untuk perannya itu, Daniel tengah serius menjalani latihan menyanyi dan menari bersama pelatih vokal dan asisten Rob. Tak tanggung-tanggung, Daniel melakukan latihannya itu hampir setiap hari. Salah satu lawan main Daniel di drama tersebut, Rose Hemingway, mengaku sangat kagum dengan bakat dan kerja keras Daniel. Rose yang seorang aktris senior itu juga mengungkapkan kalau Daniel sama sekali tak pernah takut mempelajari banyak hal baru.

Selain kesibukannya sebagai aktor, Daniel juga terlibat dalam kegiatan sosial. Tahun 2005, Daniel ikut andil dalam usaha penggalangan dana bagi korban bencana alam Tsunami. Pada 26 Februari 2010 lalu, Daniel terlibat dalam produksi iklan layanan masyarakat yang dibuat lembaga amal di kawasan Wall Street, New York City, Trevor Project. Lembaga tersebut merupakan lembaga amal yang khusus untuk membantu melakukan usaha pencegahan bunuh diri bagi para remaja l*sbian, g*y, bis*ksual, tr*nsgender dan remaja.(sumber : MizTia Respect - WK)



 ...................................................................**

Orang termuda pertama dari luar kerajaan yang gambarnya dipajang di National Portrait Gallery, Inggris. Sejak berusia lima tahun, aktor asal Inggris ini sudah menunjukkan ketertarikan pada dunia seni peran. Berangkat dari peran-peran terbatas dalam film-film produksi sekolah, Dan- panggilan Radcliffe kini serius menjadikan seni peran sebagai dunianya. Nama Dan populer setelah memerankan tokoh Harry Potter dalam film yang diangkat dari buku laris karya J.K. Rowling. Dan juga tampil dalam drama panggung dan sejumlah film dan pertunjukan televisi, termasuk drama ITV, My Boy Jack dan pertunjukan panggung Equus yang membuatnya masuk nominasi Drama Desk Award.

Daniel Jacob Radcliffe lahir di Fulham, London, Inggris, pada 23 Juli 1989 sebagai anak satu-satunya dari Alan dan Marcia Radcliffe. Pada usia lima tahun, dia mengatakan ingin menjadi seorang aktor. Sejak itu, dia mulai terlibat dalam film-film produksi sekolah.

Tahun 1999, debut seni peran profesional Dan dimulai dengan memainkan karakter "David Copperfield" muda dalam tayangan adaptasi novel Charles Dickens yang ditayangkan stasiun televisi BBC. Beberapa tahun kemudian, Dan mendapat peran kecil dalam drama "The Tailor of Panama" (2001) yang dibintangi Pierce Brosnan dan Jamie Lee Curtis. Ini menjadi debut Redcliffe di layar lebar.

Meski orang tua Radcliffe tidak ingin putra mereka berkecimpung di dunia hiburan, mereka tidak melarang Dan mengejar impiannya. Nasib baik datang pada suatu malam di tahun 2000 ketika Dan, bersama ayahnya sedang berusaha mendapatkan peran dalam "Stones in His Pockets" di sebuah teater.

Hadir dalam casting tersebut adalah produser David Heyman, seorang teman ayah Radcliffe, dan penulis skenario Steve Kloves. Dua tokoh perfilman itu sedang mencari aktor muda untuk memerankan Harry Potter dan sedang mengaudisi sekitar 16.000 remaja pria.

Heyman tersadar dengan kemiripan Radcliffe dengan tokoh Harry dalam sampul buku Harry Potter. Heyman pun membujuk orang tua Radcliffe agar mengizinkan putra mereka ikut audisi demi peran Harry Potter.

Pada Agustus 2000, setelah beberapa audisi, Radcliffe terpilih untuk bermain dalam film beranggaran besar adaptasi dari buku peraih penghargaan karya J.K. Rowling. Rowling secara pribadi juga menyetujui pilihan tersebut. Tahun 2001, setelah menjadi pemain pendukung dalam "The Tailor of Panama", film pertama Harry Potter, "Harry Potter and the Philosopher's Stone" dirilis.

Radcliffe juga membintangi lima sekuel film Harry Potter, yaitu: Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002), Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004), Harry Potter and the Goblet of Fire (2005), Harry Potter and the Order of the Phoenix (2007), dan Harry Potter and the Half-Blood Prince (2009).

Penyuka musik punk rock ini telah menandatangani kontrak untuk film ketujuh dan kedelapan sekuel Harry Potter, yakni Harry Potter and the Deathly Hallows Bagian I dan II yang diperkirakan akan rilis pada 2010 dan 2011. Dia senang karena akhirnya film tersebut dibagi menjadi dua bagian karena dia yakin, tidak ada sedikitpun dalam buku terakhir Harry Potter yang boleh dilewatkan. Film Harry Potter terus mencetak box office di berbagai negara.

Tahun 2002, Radcliffe tampil sebagai tamu dalam The Play What I Wrote yang disutradarai Kenneth Branagh (yang tampil bersama Radcliffe dalam Harry Potter and the Chamber of Secrets sebagai Professor Lockhart).

Tahun 2006, Radcliffe mulai memasuki masa transisi dari aktor anak-anak ke aktor dewasa dengan tampil dalam serial televisi Extras yang merupakan parodi dari dirinya sendiri, dan ikut membintangi drama independen Australia, December Boys, di mana dia berlatih khusus agar bisa memiliki aksen Australia.

Kemudian, pada 2007 Radcliffe memerankan karakter seorang anak bernama Alan Strang yang terobsesi dengan kuda dalam pertunjukan Equus. Perannya mengundang perhatian media karena dia tampil telanjang dalam satu bagian dari pertunjukan tersebut. Terakhir kali Radcliffe bermain untuk Equus adalah pada 9 Juni 2007.

Sepanjang musim panas 2007, remaja 20 tahun ini membintangi drama ITV, My Boy Jack, yang ditulis berdasarkan kisah nyata kematian anak Rudyard Kipling dalam Perang Dunia I. Dalam film tersebut, Radcliffe memerankan Jack Kipling, prajurit era Perang Dunia I dan putra penulis Rudyard Kipling.

Saat berusia 16 tahun, Radcliffe menjadi orang termuda pertama dari luar kerajaan yang gambarnya dipajang di National Portrait Gallery, Inggris. Foto yang diambil oleh Stuart Pearson tersebut menampilkan Radcliffe saat berusia 14 tahun.

Pada 9 Juli 2007, Radcliffe dan rekan-rekannya dalam Harry Potter, Rupert Grint dan Emma Watson meninggalkan jejak tangan dan kaki di depan Chinese Theater Grauman di Hollywood.

Harian New York Times, 28 Desember 2007, memberitakan bahwa Radcliffe akan memerankan tokoh mendiang jurnalis foto Dan Eldon dalam film film yang akan tayang dengan judul sementara Journey atau The Journey is the Destination. Ibu Eldon, secara pribadi memilih Radcliffe karena sifat humoris dan energi Radcliffe membuatnya mirip dengan putranya.

Radcliffe pernah bersekolah di sekolah khusus laki-laki, Sussex House School, dan City of London School. Meski beberapa kali meraih nilai A tahun 2006, dia memutuskan untuk berhenti sejenak dari sekolah. Radcliffe pernah menyatakan bahwa dirinya adalah seorang ateis, tetapi di lain kesempatan dia mengatakan bangga menjadi seorang pemeluk Yahudi.

Pendukung partai Demokrat Liberal ini pernah muncul dalam Sunday Times Rich List tahun 2006, yang memperkirakan kekayaannya sebesar 14 juta pound sterling, membuatnya menjadi orang muda terkaya di Kerajaan Inggris. Label orang muda terkaya itu berlanjut hingga 2007. Dari film Harry Potter pertamanya, dia dikabarkan mendapat sekitar £250.000, sekitar £5,6 juta untuk film keempatnya, dan lebih dari £8 juta untuk Harry Potter dan the Order of the Phoenix. Meski dicap sebagai orang kaya, Radcliffe mengaku tidak memiliki selera orang kaya.

Pria muda yang doyan membaca buku ini terlibat dalam berbagai organisasi amal. Tahun 2005, dia melelang kaos "Hogwarts Crew" untuk membantu mengumpulkan donasi bagi para korban tsunami. Penyuka olahraga kriket ini pernah menyatakan bahwa dia mengidap gangguan ringan dyspraxia. (referensi http://www.miztia-respect.blogspot.com/ : http://www.balicineplex.com/2010/08/daniel-radcliffe-biography.html)




 ...................................................................**

FILM DANIEL RADCLIFFE
The Tailor Of Panama (2001)
Harry potter and the philosopher’s stone (2001)
Harry potter and the chamber of secrets (2002)
Harry potter and the prisoner of azkaban (2004)
Harry potter and the goblet of fire (2005)
Harry potter and the order of the phoenix (2007)
December boys (2007)
Harry potter and the half – blood prince (2009)
Harry potter and the deathly hallows : Part 1 (2010)
Harry potter and the deathly hallows : Part 2 (2010)
The journey is the destination (2011)
The woman in black (2011)
All quiet on the western front (2012)

PROGRAM TV DANIEL RADCLIFFE
1999: David Copperfield
2005: Foley and McColl
2006: Extras
2007: My Boy Jack
2010: The Simpsons as Edmund, in a Treehouse of Horror segment

PRESTASI DAN PENGHARGAAN DANIEL RADCLIFFE
Sebagai Nominasi
2010
Best Male Performance (MTV Movie Awards)
Global Superstar (MTV Movie Awards)
2009
Outstanding Actor in a Play (Drama Desk Awards)
Distinguished Performance Award (Drama League Awards)
2008
Best Kiss (with Katie Leung; MTV Movie Awards)
Best Performance by a Young Actor (Saturn Awards)
Best Actor (Empire Award)
2006
Best Young Actor (Broadcast Film Critics Association Awards)
Actor of the Year (AOL Moviefone Moviegoer Awards)
Best Performance by a Young Actor (Saturn Awards)
Best Hero (MTV Movie Awards)
Best On-Screen Team (with Emma Watson and Rupert Grint; MTV Movie Awards)
2005
Best Performance by a Young Actor (Saturn Awards)
Best Young Actor (Broadcast Film Critics Association Awards)
2003
Best Performance by a Young Actor (Saturn Awards)
Best Acting Ensemble (Phoenix Film Critics Society Awards)
Most Unforgettable Scene (for the scene "Harry battles the Basilisk" in Harry Potter and the Chamber of Secrets; American Moviegoer Awards)
2001
Best Performance by a Young Actor (Saturn Awards)
Best Young Performer (Broadcast Film Critics Association Awards)
Breakthrough Male Performance (MTV Movie Awards)
Best Newcomer (Phoenix Film Critics Society Awards)
Best Debut (with Emma Watson and Rupert Grint; Sony Ericsson Empire Awards)
Outstanding Actor (American Moviegoer Awards)
Best Performance in a Feature Film: Leading Young Actor (Young Artist Awards)
Best Ensemble in a Feature Film (with Emma Watson and Rupert Grint; Young Artist Awards)

Sebagai Pemenang
2009
Favorite Leading Actor in a Broadway Play (Broadway.com Audience Award)
Favorite Breakthrough Performance (Broadway.com Audience Award)
2008
Dewynters London Newcomer of the Year (Whatsonstage.com Theatregoers’ Choice Awards, UK)
2007
Best Male Performance (National Movie Awards, UK)
2006
Best Actor (Cine Awards, Belgium)
Best Male Film Star (Gold): Otto Awards, 2006
Best Actor/Movie (SyFy Portal's SyFy Genre Awards)
2005
Best Young Actor (SyFy Portal's SyFy Genre Awards)
2004
Top 10 Child Stars (RTL Television, Germany)
Best Breakthrough Male Actor (Star Channel Star Awards, Japan)
Best Junior Achiever (for viewers' favorite under-16 guest on the show Relly Awards)
Young Talent of the Year (ITV Celebrity Awards)
Best Movie Actor (K-Zone Kids Awards, Philippines)
Best Film Star/Actor (Dutch Kids Choice Awards)
2003
Best Young Actor (SyFy Portal's SyFy Genre Awards)
Best Actor (Roadshow Cinema Grand Prix Awards, Japan)
2002
Person of the Year (Time For Kids)
Targa d'Oro ("Gold Plate", David di Donatello Awards)
Outstanding New Talent (Sir James Carreras Award for the Variety Club Showbusiness Awards)
2001
Male Youth Discovery of the Year (Hollywood Women's Press Club)


(referensi http://www.miztia-respect.blogspot.com/ : http://kolom-biografi.blogspot.com/2011/09/biografi-daniel-radcliffe-harry-potter.html)


 Biography Daniel Radcliffe - MizTia Respect





Homepage : http://www.danradcliffe.co.uk
Facebook : http://www.facebook.com/pages/Daniel-Radcliffe/51490477819

Google+ : https://plus.google.com/+DanielRadcliffe/posts .
" Copy-Paste? Baca Disclaimer! "
Bagikan Tulisan Ini:


Artikel Terkait:

4 Comment:

diniehz said...

apapun film yg diperankannya, daniel radcliffe will always be my harry potter hihihi

Daniel Benny Simanjuntak said...

Wah mantab nih biography nya! Itu kayaknya dia nyontek nama saya deh.. hahaha..

Payz0 said...

orangnya kalem dan ganteng.. tapi masih imut-imut waktu masih kecil...

Penyuluh Perikanan said...

Daniel Jacob Radcliffe alias Daniel Radcliffe , ini sepertinya hampir mirip dengan sahabatku Daniel Benny dai medan yah...
Oke mi....terima kasih infonya.

Post a Comment

* ) Referensi, bisa sobat lihat/baca/kunjungi alamat web/blog di bawah artikel halaman ini atau bagian footer blog ini.

** ) Beritahu jika ada link rusak "Broken Link", atau kesalahan dalam penulisan.

*** ) Terima kasih sudah berkomentar dengan sopan dan bijak :) .

 
© Copyright 2012 MizTia Respect - All Rights Reserved | Template by Borneo Templates - Kreasi Iseng ♥ MizTia
Best Viewed in Chrome